Saturday, November 14, 2015

Cinta dari Sudut Pandang Technical Support

Panggil saja ia Aldo.

Karena saya baru-baru ini mengalami masa yang sulit. Saya mengeluarkan pertanyaan yang konyol namun selalu menarik untuk didengar jawabannya.

"Mas Aldo dulu ceritanya gimana bisa nikah sampe yakin sama yang sekarang?"

Saya bertanya sambil ngemil chatime di tengah hujan deras di suatu mall jakarta setelah seminar di ancol, saya bersiap mendengar.

"Wah ran, dulu waktu gw masih STM gw udah punya pacar tuh. Tapi pas gw kelas 2 STM, gw baru kenal tuh sama calon istri gw, adek kelas gw yang tiap hari satu angkot kalo berangkat ke sekolah. Tapi semasa gw pacaran sama yang mantan gw yang dulu, gw gak ada rasa apa-apa, hampa gitu. Malah setiap ngeliat sama adek kelas itu gw kepikiran terus. Padahal kalo dibilang cantikan yang mana, masih cantikan pacar gw."

"Nah ini yang seru ran. Gw tuh sampe kebawa mimpi dikasih petunjuk, gw ngapel ke rumah mantan gw yang itu, tapi pas ngapel ke rumahnya dia, malah ada calon bini gw itu. Di mimpi itu lah ran, gw semakin mantep."

Saya hanya tertawa-tawa sambil seruput minum minum.

"Ya abis itu ternyata bener. Mantan gw yang waktu itu emang suka cari perhatian ternyata kalo gw lagi ga di sampingnya. Suatu hari ada temen gw yang dibolehin main ke dalem rumahnya buat main, ya di situ lah gw sakit hati. Gw putusin sebelah pihak. Nah setelah itu gw kenalan deh akhirnya beraniin diri untuk sama yang calon bini gw itu. Padahal waktu itu banyak yang naksir, tapi yaudah dia maunya sama gw kan."

"Tapi bener deh ran, kalau yang namanya cinta. Itu memang adanya di pandangan pertama. Ada yang namanya getaran. Hahaha. Jadi ya kayak gitu lah. Abis itu kita sempet pisah. Gw kerja di jakarta, dia kerja di batam. Gw masih belum kuliah tuh waktu itu. Tapi waktu itu berat juga, soalnya setelah dua tahun pisah, dia mau diperpanjang di batam. Langsung aja gw ultimatum, kalo dua tahun saya bisa nunggu kamu, kalo tiga tahun, saya gak bisa janjiin apa-apa. Setelah itu dia langsung pulang dan minta ketemu di jakarta."

"Tapi ini juga bener deh ran. Kalo kamu udah nikah, rejeki kamu pasti dibantu sama Yang Di Atas. Dia abis itu minta nikah, minta tunangan. Gw sih bilang ke orang tuanya waktu itu, nikahnya umur 27, saya bisa nafkahin, janji untuk ngasih segini ke anak ibu bapak. Eh tapi di tengah jalan, katanya yaudah suruh nikah dulu aja walaupun belum gimana-gimana."

"Tau gak ran dulu tahun 2003 pas gw nikah gaji gw masih berapa?" Aldo bertanya sambil melirik cewek-cewek mall yang pake rok pendek. Entah dia sebenarnya mau ngasih saya inspirasi soal cinta, tapi di satu sisi dia masih lirik-lirik cewek lain. Ya manusiawi sih.

"Berapa mas?"

"900 ribu doang waktu itu. Gw cuman bagian instalasi UPS waktu itu. Masang-masang kabel sama konduktor dan lain lain. Tapi kalo udah lembur bisa dibayar dua kali, jadi bisa 1.8 juta lah per bulan. Dan pas waktu itu gw juga baru mau mulai kuliah. Gw juga dibayarin ran kuliahnya sama ibu bendahara kantor gw, karena gw suka cerita pengen kuliah, eh dibayarin. Tapi akhirnya ya gw gantiin juga duitnya pas udah lulus."

"Aduh ran, waktu itu kan baru masuk kuliah. Pas kuliah kan mesti punya laptop. Gw bingung ngomongnya ke ibu bendahara itu. Akhirnya gw cerita aja. Eh dibeliin juga. Bener deh ran, kalo udah nikah, rejeki lo ada aja yang lewat. Tapi kalo ga bersyukur ada juga tuh kayak keponakannya si ibu bendahara, udah dikuliahin IPnya masih 1 koma terus."

"Ya waktu itu gw sih ga pernah mikir bisa sampe kuliah, sampe akhirnya kerja di sini. Tapi ya gitu ran, kalo cinta, pas ketemu jodoh lo, ya lo tau aja gitu, ada getarannya. Sampe kebawa mimpi." Lagi-lagi ia ngomong hal itu sambil ngeliatin cewek pake rok mini yang lewat di mal.

Sebenarnya cerita saya dan si orang ini masih banyak. Saya salut sih sama orang ini. Saya yang hidupnya segini gampangnya masih suka ngeluh karena capek ini itu. Ada sesuatu sih yang saya liat dari dia, yang gak saya liat dari orang kebanyakan di jaman sekarang. Dia punya iman, percaya bahwa semua bisa tercapai kalau berusaha.

Mungkin jika kita mulai dari itu, akan lebih mudah.

Dia menunjukkan foto dia sama istrinya lagi main di perosotan sama anaknya. Kebahagiaan memang tidak bisa diukur dengan uang belaka.

No comments:

Post a Comment