Sunday, September 20, 2015

Terbiasa

Terlepas dari mereka memiliki lebih banyak atau sedikit, jika terbiasa cukup dengan yang sedikit, mereka akan terus tertunduk tersenyum mengunyah nasi pecel dengan kangkung tempenya.

Katanya orang akan menjadi dewasa jika kuat berada di tengah pergantian di antara dua keadaan. Mereka yang tidak terlalu bergeming ketika ada yang membahagiakan ataupun menyedihkan. Mereka membiasakan diri untuk tidak menjadi 'terlalu' ketika ada keadaan yang sedikit berbeda dari rutinitas mereka. Tanpa menjadi muram, mereka terlihat seperti pribadi yang tenang.

Ketika ditanya.

"Bukankah normal ketika seseorang mengikuti perasaannya ketika ada yang membuat ia senang, lalu menjadi murung ketika ada yang membuatnya sedih?"

Ia menjawab pendek.

"Kalau terbiasa terbawa arus, akan terbawa arus terus."

Mereka berdiri sambil bekerja, dengan senyum ringan, tanpa membesar-besarkan, namun di dalam dirinya seolah ada filter besar yang menjadikan mereka begitu penuh percaya diri, tidak memerlukan pujian, ataupun suatu kepastian.

Karena mereka membiasakan mengendalikan sesuatu yang satu-satunya bisa dikendalikan di hidup ini, diri sendiri. Ketika mereka terbiasa, hidup akan mengalir apa adanya.

No comments:

Post a Comment