Sunday, September 6, 2015

Selalu ada yang dikorbankan

Selalu akan ada pil pahit yang dikorbankan untuk meraih sesuatu. Jika ada buku-buku motivasi yang menawarkan hal-hal seperti: "segala sesuatu berada di kepala kita, cukup bayangkan, dan hal itu akan datang ke anda", sebaiknya bakar saja bukunya. Karena buku motivasi, untuk menjadi best-seller harus memiliki formula yang cukup mendasar dalam bukunya, yakni: "cara cepat, jurus, dan formula".

Kita diiming-imingi bahwa akan ada hal yang sangat cepat hasilnya, mujarab, dan tanpa usaha. Padahal nyatanya, pada akhirnya orang yang termakan ide ini akan menjadi buta dengan keadaan dunia nyata. Mereka begitu putus asanya dalam menghadapi hidup, lalu menjadikan suatu pedoman yang ditulis orang secara tidak realistis dijadikan dogma hidupnya.

Padahal di dunia ini selalu begitu, jika orang tua saya tidak bela-belain masuk pagi 5 kali seminggu, saya tidak akan menjadi seperti yang sekarang, jika ibu saya tidak bela-belain menahan diri untuk bertemu temennya reuni nongkrong sana-sini ketika saya masih balita, saya tidak akan menjadi saya yang sekarang. Di era yang serba cepat, hasil instan, kita juga diiming-iming hal yang sama, segala sesuatu seharusnya bisa terjadi sesuai keinginan kalian, cukup dengan membeli buku ini, kerja di tempat jenis ini, lakukan hal ini, padahal memang tidak ada cara jitu untuk melakukan hal-hal bombastis di dunia ini.

Kita lupa generasi kita yang lama seperti apa, yang terus menerus dengan ikhlas memberikan apa yang terbaik dari diri mereka, terlepas akan menjadi terkenal ataupun orang terkaya di dunia. Informasi semakin banyak, semakin banyak artikel menggiurkan yang seolah menjanjikan. Ditambah, kita dikenalkan sosial media, kita terus cenderung melihat rumput tetangga setiap harinya, padahal harusnya kita bekerja keras untuk menanam rumput di halaman kita sendiri.

Generasi kita terus tumbuh penuh stres. Jika dahulu kita hanya bisa membandingkan diri kita dengan orang-orang yang berada di satu lingkup sosial kita, kini kita bisa melihat apa yang teman anda lakukan setiap detiknya. Sambil memamerkan kegiatan mereka selanjutnya dengan quote "work hard, be humble". Dan setiap anda melihat posting itu, jiwa anda terbakar.

Korbankanlah waktumu untuk hal-hal yang baik. Jika sekarang maunya yang baik-baik doang, pesta pora, penuh hiruk pikuk sana sini, percaya deh, nanti akhirnya ga bagus, terlepas anda nanti kaya atau bagaimana. Sekuat apapun kita menahan roda hidup, ia akan terus berputar.

Dunia ini milik mereka yang berusaha, berilmu, dan berbudi.

No comments:

Post a Comment