Monday, January 26, 2015

Penting

Karena pada akhirnya semua akan hilang, beberapa ditelan waktu, beberapa kau rusak dengan tanganmu, dan beberapa akan menyakitimu.

Penting, untuk diketahui, bahwa semua ini akan menjadi tidak memiliki makna, jika konsentrasimu hanya terpusat pada hal-hal yang sifatnya sementara. Jika saja engkau merengkuh dan memeluk hal-hal yang memiliki rentang waktu selamanya, maka hidupmu akan menjadi lebih bijaksana.

Engkau bisa saja mengikat orang-orang yang paling engkau cintai, di dalam gubuk gelap, agar tiada orang yang menyapa, maupun menghampiri. Karena kau takut, takut bahwa ketika kau memberikannya kebebasan, dunia akan serentak mengobrak-ngabrik kebahagiaanmu. Namun lama kelamaan, karena kau terus berkonsentrasi atas kebahagiaanmu, hatimu luntur.

Engkau juga bisa membiarkan semua jatuh berantakan, membiarkan hujan turun, sambil mengusahakan apa yang bisa diusahakan. Sambil terus bernyanyi "jangan biarkan milikmu, memilikimu..." dengan sendu.

Biarkan dirimu berdoa dengan lembut, meminta hal-hal yang engkau impikan, tanpa membuat perhitungan dengan Tuhan. Biarkan dirimu duduk termenung, menyambut hal yang buruk dan baik seperti tamu yang harus terus kau perlakukan dengan sopan.

Karena siapapun yang kau perlakukan dengan sopan, akan menjadi lebih lunak, dan memberikan hal-hal yang baik untukmu.

No comments:

Post a Comment